DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Audit Kelembagaan Untuk Menata Organisasi yang Efektif dan Efisien


Jakarta – Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 menyatakan bahwa salah satu tujuan reformasi birokrasi adalah penataan kelembagaan yang diharapkan dapat menghasilkan organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran (right sizing). Menindaklanjuti amanat tersebut Kementerian PAN dan RB berkewajiban mengkoordinasikan pelaksanaan evaluasi organisasi dengan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak eksternal dengan obyek lembaga pemerintah nonkementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan termasuk Basarnas bagi tercapainya penyelenggaraan pembangunan nasional sesuai arah kebijakan dan strategi yang ditetapkan.

Dalam rangkaian audit ke Basarnas pada Kamis (19/9) dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bertempat di Hotel Atlet Century dengan tema “Peningkatan Efektivitas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam Penyelenggaraan Mandat Pembangunan Nasional 2020-2024 ”. Fokus diskusi lebih ditekankan pada kelembagaan ditinjau dari perspektif regulasi, mandat internasional, hubungan / keterkaitan dengan para pemangku kepentingan (multi stakeholder) dan pertimbangan lingkungan strategis.

Tujuan Focus Group Discussion (FGD) adalah untuk mendapatkan masukan / pemikiran dari berbagai sudut pandang mengenai berbagai hal terkait peningkatan efektifitas Basarnas dalam penyelenggaraan mandat pembangunan nasional 2020-2024 sebagaimana telah digariskan oleh Presiden. Diharapkan dengan FGD ini dapat teridentifikasi beberapa faktor penting agar performa organisasi dapat meningkat seperti masukan tentang dinamika global, kondisi IPOLEKSOSBUDHANKAM, pembagian urusan dengan K/L lainnya, kerjasama/kemitraan pembangunan, tantangan organisasi, dsb.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama selaku Narasumber Ahli dan Dr. Eka Budi Tjahjono, SH, MH. (Dosen STIP Marunda), para pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas dari Basarnas, pejabat dari Kementerian PAN dan RB serta pihak PT. Sinergi Pakarya Sejahtera.  Dalam acara tersebbut juga disampaikan rencana pelaksanaan FGD kedua yang diharapkan dapat menggali informasi lebih tajam dan detail terhadap postur ideal organisasi Basarnas ke depan. Akankan melalui audit ini bisa menghasilkan potret lembaga Basarnas yang semakin ideal, kita tunggu saja hasilnya ***

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
19 September 15:00 WIB