DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Memasuki Hari ke-18 Pencarian MV Nur Allya Ditutup


TERNATE - Senin, (9/9) Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian MV Nur Allya yang bilang sejak 23 agustus lalu.
Sejak pago hariz tim SAR gabubgan berkoordinasi untuk melaksanakn pemantauan dan pemapelan ke kapal-kapal yang melintas Perairan Halmahera, Maluku Utara. Koordinasi yang dilakukan tim rescue Unit Siaga Bacan bersama Pos AL Bacan dan BPPP wilayah V Penambuang Bacan hinhga siang hari belum membuahkan hasil.
Pukul 14.26 WITA SAR Mission Coordinator (SMC) M. Arafah mendapatkan informasi dari KNKT bahwa peralatan ping locator untuk sementara tidak bisa digunakan dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat.
Malam ini sekitar pukul 19.00 WIT, Kantor SAR Ternate mendapatkan laporan dari PT. Gurita Lintas Samudera bahwa pada Sabtu (7/9) telah ditemukan sebuah ringbouy berwarna orange dan bertuliskan MV. Mur Allya. Ring ouy tersebut ditemukan di sekitar Fesa Fluk 5 NM Barat Daya Pulau Gomumu. Selain itu juga ditemukan finder di Perairan Desa Sum Obi Timur. Kedua penemuan tersebut telah diserahkan ke KNKT guna pemeriksaan lebih lanjut.
Pencarian MV Nur Allya telah dilaksanalan oleh Kantor SAR Ternate dibantu instansi-instansi terkait lainnya selama 18 hari dan telah ditemukan beberapa bagian dari kapal diantaranya lifeboat, ringbouy, dan finder. Tim SAR gabungan juga sempat menemukan serpihan minyak yang diduga beradal dsri MV Nur Allya. Setelah dilakukan koordinasi dan evaluasi bersama pihak keluarga maupun instansi terkait, maka disepakati pencarian dihentikan dan ditutup. Namun tim SAR gabungan tetap melakukan pemantauan jika nanti kembali ditemukan tanda-tanda keberadaan korban atau kapal maka pencarian akan dilanjutkan kembali.
Adapun unsur yang terlibat yakni Kantor SAR Ternate, Kantor SAR Ambon, Bakamla, KNKT, Ditpolairud Polda Malut, Lanal Ternate, SROP Ternate, KSOP Ternate, KUPP Labuha, KUPP Obi, KUPP Sanana, BMKG Stasiun Meteorologi Ternate, Kodim 1509 Labuha, Pos AL Bacan, Polsek Obi Selatan, Babinsa Desa wayaloar, Babinsa Desa Bobo, AIRNAV Bacan, UPTD BPPP Wilayah V Panambuang, PT. Gurita Lintas
Samudera, Asuransi Matthew Daniel International, dan Asuransi P n I. (Nv)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
9 September 19:00 WIB